Jumat, 13 Oktober 2017

TIM Surveyor Lakukan Penilaian Akreditasi UPTD Puskesmas DTP Cibeber

Senin (25/09/17), Setelah melewati persiapan yang cukup lama, akhirnya Puskesmas DTP Cibeber kedatangan Tim Suveryor Akreditasi Puskesmas dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementrian Kesehatan RI untuk dilakukan penilaian akreditasi. Masing – masing surveyor yaitu dr. T Marwan Nusri, MPH (Surveyor Administrasi Manajemen), N. Elih Harlina, MH.Kes (Surveyor Upaya Kesehatan Masyarakat), dan dr. Rita Novia (Surveyor Upaya Kesehatan Perorangan). Penilaian Akreditasi Puskesmas dilakukan guna untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Penilaian akreditasi tersebut berlangsung selama tiga hari, yaitu 25-27 September 2017.
Kedatangan Tim Surveyor di Puskesmas DTP Cibeber pada hari Senin (25/09) disambut oleh seluruh staff Puskesmas, dimeriahkan dengan tarian Cuci Tangan oleh Siswa SMP IT Raudhatul Jannah Kecamatan Cibeber dan juga dilakukan pemberian syal kepada Tim Surveyor oleh Kepala UPTD Puskesmas DTP Cibeber, dr. Diah Sulistyowati.am acara pembukaan penilaian akreditasi, banyak hal yang dijelaskan dan disampaikan oleh dr. Marwan selaku Ketua Tim Surveyor. “Akreditasi Puskesmas adalah suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal, oleh lembaga eksternal terhadap hasil kesesuaian proses dengan standar yang berlaku.”, jelas dr. T Marwan di aula gedung Puskesmas DTP Cibeber. Menurut beliau penilaian akreditasi ini lebih dilihat dari proses menuju akreditasi, bukan hanya hasilnya saja, ungkapnya.

Kata Sambutan oleh dr. Marwan T Nusri, MPH
Dalam penilaian akreditasi, Tim Surveyor melakukan telusur dokumen kerja dengan kegiatan yang ada di puskesmas, baik yang ada di dalam gedung, maupun di luar gedung dari masing-masing kelompok kerja selama dua hari. Kemudian untuk hari ketiga, surveyor melakukan wawancara dengan pimpinan yang terdiri dari unsur manajemen puskesmas, penanggung jawab upaya kesehatan di puskesmas dan perwakilan dari dinas kesehatan kota cilegon. Wawancara ini bertujuan untuk menggali komitmen dari kepala puskesmas dan penanggungjawab upaya kesehatan tentang berkelanjutannya proses akreditasi Puskesmas DTP Cibeber pasca disurvey sehingga mutu pelayanan bisa dipertahankan yang berujung pada kepuasan pasien sebagai penerima layanan termasuk dukungan dari dinas kesehatan Kota Cilegon.


Foto Bersama Tim Surveyor dan Lintas Sektor Terkait Puskesmas DTP Cibeber


Pada hari tersebut, hadir beberapa lintas sektor seperti Bapak Kapolsek Kecamatan Cibeber, Bapak dan Ibu Camat Cibeber, Lurah sekecamatan Cibeber, Perwakilan dari KUA Kecamatan Cibeber, UPT dinas Pendidikan, Guru SMP IT Raudhatul Jannah, Sekertaris Lurah di kecamatan Cibeber, Tokoh Masyarakat, serta perwakilan kader yang ada dikecamatan Cibeber.
Hasil dari penilaian akreditasi ini akan diiketahui setelah tiga bulan dari survey akreditasi yang dilakukan surveyor. Selain hasil yang maksimal sebagai harapan, banyak hal positif yang dapat diambil dari penilaian akreditasi, yaitu sebagai pelajaran dan acuan dalam penyelenggaraan pelayanan di tingkat puskesmas dalam rangka mendukung misi puskesmas untuk mengembangkan pelayanan kesehatan berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar