Sabtu, 05 Agustus 2017

KOMITMEN BERSAMA REMAJA PUTRI MINUM TABLET TAMBAH DARAH (TTD)



     Anemia adalah suatu kondisi tubuh dimana kadar Hemoglobin/Hb dalam darah lebih rendah dari normal, gejala Anemia yang sering ditemui adalah 5 L (Lesu, Lemah, Letih, Lelah, Lalai), biasanya disertai dengan sakit kepala, pusing, berkunang-kunang, mudah mengantuk, cepat capai, dan sulit konsentrasi. Bila Anemia sudah parah, muka, kelopak mata bagian dalam, bibir, kulit, dan telapak tangan akan terlihat pucat.
      Kadar Hb diketahui melalui pemeriksaan contoh darah, berdasarkan kadar Hb dalam darah ini, status anemia digolongkan sebagai berikut :

       Remaja Putri dan Wanita Usia Subur menderita Anemia bila kadar Hb darah menunjukkan nilai kurang dari 12 mg/dL. Remaja Putri beresiko mengalami Anemia karena kebutuhan zat besi yang tinggi pada masa pubertas, kehilangan zat besi karena perdarahan selama menstruasi, dan kebiasaan makan yang kurang baik (kurang asupan zat besi). 
       Pencegahan Anemia penting karena Anemia tahap awal seringkali tidak menimbulkan gejala, saat sudah timbul gejala artinya sudah mengalami Anemia yang parah, pencegahan Anemia pada Remaja Putri yaitu dengan makan makanan dengan sumber zat besi (sumber pangan hewani dan nabati), minum Tablet Tambah Darah (TTD) sesuai anjuran (1 tablet sekali seminggu), dan makan buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi.
       Remaja Putri dianjurkan untuk minum TTD yaitu dengan minum 1 tablet sekali seminggu di hari yang sama, diminum setelah makan, diminum dengan air jeruk atau air putih, tidak boleh minum dengan air teh, kopi, atau susu, dan setelah minum TTD makan buah dengan sumber vitamin C.
    Hasil pemeriksaan kadar Hb Remaja Putri UPTD Puskesmas DTP Cibeber tahun 2016 menunjukkan bahwa dari 400 Remaja Putri yang diperiksa, 120 Remaja Putri dengan Hb Normal, 193 Remaja Putri dengan Anemia Ringan, dan 87 Remaja Putri dengan Anemia Sedang. Berdasarkan hal tersebut dibuatlah Komitmen Bersama Remaja Putri Minum Tablet Tambah Darah (TTD) di SMPIT Raudhatul Jannah dan SMP Negeri 5 Cilegon. Diharapkan dengan adanya Komitmen tersebut, Anemia pada Remaja Putri khususnya Remaja Putri di SMPIT Raudhatul Jannah dan SMP Negeri 5 Cilegon dapat dicegah, sehingga tercapai slogan Sehat, Cantik, dan Cerdas Tanpa Anemia.

 
      



Tidak ada komentar:

Posting Komentar